Rating

Thursday, 14 October 2010

Arti Sebuah Karya

  By   :



  Karya . kata ini selalu dikatakan oleh orang-orang diluar sana. tapi apakah kalian semua tau arti kata karya ? menurut artikata.com . definisi kata karya adalah hasil ciptaan yg bukan saduran, salinan, atau terjemahan , selain itu juga memiliki pengertian  hasil ciptaan yg bukan tiruan . apabila kita melihat dari konteks yang lain ,karya juga memiliki pengartian yang berbeda . yaitu sebagai berikut :


  1.Dalam hal  percetakan , karya adalah segala sesuatu yg dicetak
  2.Dalam hal rekam , karya adalah hasil pekerjaan merekam suara (contohnya musik), tuturan, cerita, dan sebagainya
  3 Dalam hal sastra , karya adalah hasil sastra, baik berupa puisi, prosa, maupun lakon
  4.Dalam hal  seni , karya adalah ciptaan yg dapat menimbulkan rasa indah bagi orang yg melihat, mendengar, atau merasakannya

  Aku mau menceritakan sedikit apa yang aku rasain tentang KARYA .Menurut pemikiran aku. karya adalah sesuatu yang kita ciptakan sendiri,yang merupakan hasil pikiran kita dan apabila kita menyalurkan karya itu , kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri. aku sendiri udah ngerasai itu .

  Ada 2 orang yang aku tanyain tentang arti sebuah KARYA . mereka mengatakan :

Agung 'cancan' Pratama

  "Karya adalah sesuatu yang bisa dibuat oleh setiap orang .setiap hal yang dihasilkan buah pikiran .dari hasil pendengaran . citra tampilan , bahkan pemikiran dan sebagainya .karya bukan dinilai dari baik atau buruknya .tapi dinilai dari usaha dan kegigihannya .dan gak ada batasan untuk berkarya .dan bisa dalam bentuk apa saja ."

 Soiio Zhoweeca 

  "Menurut aku arti dari Karya itu ya buah pikiran org , sperti ide , atau apa aja yang bisa di tuangkan ke dalam media , atau menjadi sebuah media ,sebuah karya harus bisa dirasakan juga oleh org lain , masalah harga atau nggak di hargain ma orang itu nomer 2 .yang penting seseorang yang telah berkarya itu adalah orang yang hebat karna dia bisa membuat sesuatu yang abstrak menjadi bentuk yg nyata , bukan masih berbentuk gumpalan2 ide2 yang ada di otak kita yang hanya kita sendiri yg bisa ngerasakannya ,
  Kebanyakan org2 sekarang , bisanya mencela karya2 org yang sudah susah payah d telurkan org dari dalam otaknya , tapi dirinya sendiri buat karya aja ga bisa , susah otaknya untuk menelurkan idenya itu untuk menjadikannya sebuah karya . haha

  Trus mnurut aku karya itu sesuatu hal istimewa ,perasaan apa yang udah kita tuangkan didalamnya dapat di mengerti org tanpa harus menjelaskannya lagi dengan panjang lebar maksud atau tentang karya itu . Dia (karya) dapat melakukannya.
   Liat aja berapa banyak jiwa org yang menyatu karna sebuah karya , cth : seorang musisi menciptkan lagu yang sedih , tiba2 si pendengar bisa merasakan kesedihan dari lagu itu , (padahal lagu itu paling brapa bait coba ?, kok bisa ngerti tuh pendengar bentar aja?
bahkan kalo kita curhat ma teman kita selama 2 jam baru dia ngerti dan ngerasakan ,ya kan?)
sama kayak org yg ngeliat sebuah lukisan , tiba2 dia menangis , karna dia tahu makna yang disampaikan dari pelukis itu ,

  Intinya : karya itu nggak bisa disepelekan walaupun itu hasil dari siapa aja .
lom tau kan ? trnyata org yg slama ini ngejek2 karya kita dia sendiripun susah nuangkan isi otaknya untuk jadiin sebuah karya .hahahaa "



  Ketika kita membuat sebuah karya pastinya akan ada perasaan takut . takut akan kegagalan atas karya yang telah kita buat.perasaan gagal itu akan membuat kita putus asa dan tidak mau untuk bekarya kembali.

  Memang tidak ada salahnya menghargai karya orang,tapi kalau hanya menghargai dari depan saja,itu sama dengan BULLSHIT. sepertinya agak susah untuk mendapatkan pengharggan yang betul-betul murni sekarang.

  Untuk menciptakan karya itu tidak perlu melihat apa yang lagi IN dalam komunitas mu. tapi harus datang dari diri dan pikiranmu sendiri .akan lebih baik kalau karya mu itu adalah inovasi terbaru yang ada didalam komunitasmu.artinya kalian berani membuat sesuatu yang baru.

  Ini dia sedikit pembahasan tentang arti sebuah karya.postingan ini dibuat tidak untuk menyinggung siapapun juga. Sebelumnya aku mau ucapkan makasih buat bg Ocan dan bg Soiio ,yang uda mau jadi koresponden aku dalam postingan aku ini. 

     KENALI DIRIMU,GALI POTENSI YANG ADA ,DAN JANGAN TAKUT UNTUK BERKARYA !

   

BERBUATLAH SEGALA YANG BISA KAU PERBUAT
TALK LESS DO MORE
BANYAK BERTINDAK DARIPADA BICARA

2 comments: