Rating

Tuesday 19 February 2013

Cara Penyelesaian Akreditasi

 
    Setelah kita mendapati masalah dan membahasnya , serasa hampa jika tidak menemukan cara penyelesaiannya . omong kosong jika hanya berbicara tanpa solusi penyelesaian , apalagi berbicara yang hanya bisa memperkeruh keaadan . Begitu juga masalah akreditasi ini .

     Secara prosedural , Akreditasi dapat diselesaikan dengan adanya proses akreditasi yang dilakukan oleh pihak yang berwanang yaitu BAN-PT . Proses akreditasi program studi dimulai dengan pelaksanaan evaluasi diri di program studi yang bersangkutan. Evaluasi diri tersebut mengacu pada pedoman evaluasi diri yang telah diterbitkan BAN-PT, namun, jika dianggap perlu, pihak pengelola program studi dapat menambahkan unsur-unsur yang akan dievaluasi sesuai dengan kepentingan program studi maupun institusi perguruan inggi yang bersangkutan. Dari hasil pelaksanaan evaluasi diri tersebut, dibuat sebuah rangkuman eksekutif (executive summary), yang selanjutnya rangkuman eksekutif tersebut dilampirkan dalam surat permohonan untuk diakreditasi yang dikirimkan ke sekertariat BAN-PT.

     Sekertariat BAN-PT akan mengkaji ringkasan eksekutif dari program studi tersbut, dan jika telah memenuhi semua komponen yang diminta dalam pedoman evaluasi diri sekertariat BAN-PT akan mengirimkan instrumen akreditasi yang sesuai dengan tingkat program studi setelah instrumen akreditasi diisi, program studi mengirimkan seluruh berkas (intrumen akreditasi yang telah diisi dan lampirannya, beserta copy-nya) ke sekertariat BAN-PT. Jumlah copy yang harus disertakan untuk program studi tingkat Diploma dan Sarjana sebanyak 3 copy, sedangkan untuk program studi tingkat Magister dan Doktor sebanyak 4 copy. Penilaian dilakukan setelah seluruh berkas diterima secara lengkap oleh sekertariat BAN-PT.  Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi diploma dilakukan melalui peer review oleh tim asesor yang terdiri atas para pakar dalam berbagai bidang keilmuan, dan pakar/praktisi yang memahami hakekat penyelenggaraan/pengelolaan program studi diploma. Semua program studi diploma akan diakreditasi secara berkala.


     Proses akreditasi program studi dapat diilustrasikan seperti gambar dibawah ini :


     Lagi-lagi mari kita jadikan bahan refleksi sekitar kita . Kita lihat sampai batas mana ini sudah dilakukan ? atau tidak dilakukan ? Kita juga ada kewajiban untuk memperjuankan ini bersama . Karena ini bukan kepentingan satu pihak , tapi kepentingan bersama .

No comments:

Post a Comment