Rating

Wednesday 8 September 2010

SYNTHESIZER

  Buat sekedar info aja . Aku hanya seseorang yang menyukai alat musik Synthesizer,dan sekarang masih dalam proses belajar.Walaupun aku gak mahir-mahir kali main Synthesizer.Aku akan mencoba mengupas sedikit tentang synthesizer.
 
  Synthesizer, berasal dari kata ‘to synthesize’ ataumengimitasiRobert Moog adalah peloporsynthesizer dan elektronik musik.Memang dia bukan yang pertama membuatsynthesizer tetapi dia adalah orang yang mempopulerkan synthesizer.

  Pada tahun 1962 seorang insinyur Italia Paolo Ketoff mengeluarkan instrumen yang disebut Synket. Alat ini menghasilkan musik eksperimental yang bagi pendengar awam tidak musikal. Dua tahun kemudian di Amerika muncul alat musik yang diciptakan Donald Buchla dan satunya oleh Robert Moog.
 
  Alat Donald Buchla tidak menggunakan kibor sebagai perangkat memainkannya melainkan dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan. Robert Moog membuat alat yang menggunakan kibor sebagai perangkat pengolahnya. Di sisinya pun dipasang alat pengontrol yang konvensional seperti tombol putar untuk mengeraskan dan memelainkan suara, maupun untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan.

YAMAHA DX 7
  Baru pada tahun 1980 synthesizer dapat mengeluarkan suara harmonik. Peralatan pertama yang terkenal adalah Yamaha DX-7 yang keluar 1983. Peralatan ini menggunakan pengembangan synthesizer dari zaman Robert Moog dengan Frequenty Modulation Synthesis yang dirancang oleh John Chowning dari Stanford University di Palo Alto, California.

  Kemudian pada tahun berikutnya Casio mengeluarkan CZ-101 yang menggunakan baterai untuk tenaganya.
CASIO CZ 101
Memiliki empat suara dan mengikuti kemampuan synthesizer analog. Harga jual CZ-101 ini hanya seperempat dari harga Yamaha DX-7 hingga popularitas kibor elektronik menjadi sangat meningkat.

  Sampai sekarang masih banyak synthesizer yang beredar seperti selain YAMAHA dan CASIO.Ada juga seperti KORG,ALESIS.

No comments:

Post a Comment